Senin, 21 November 2016

Open-ended: Implementasi Pendekatan Open Ended

Hal-hal yang perlu dilakukan dalam pembelajaran dengan model open-ended yaitu :
1.       Orientasi siswa pada masalah matematika open-ended.
Guru memaparkan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yang diperlukan, dan memotivasi siswa agar terlibat pada aktivitas pemecahan masalah. Siswa menginventarisasi dan mempersiapkan logistik yang diperlukan dalam proses pembelajaran. Siswa berada dalam kelompok yang telah ditetapkan.
2.         Mengorganisasi siswa dalam belajar pemecahan masalah.
Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah yang dipecahkan. Siswa menginvestigasi konteks masalah, mengembangkan berbagai perspektif dan pengandaian yang masuk akal.
3.         Membimbing penyelidikan
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan trial and eror atau eksperimen untuk mendapatkan suatu pemecahan yang masuk akal, mengulanginya lagi untuk mendapatkan kemungkinan pemecahan dan solusi alternatif. Siswa melakukan inkuiri investigasi, dan merumuskan kembali masalah, untuk mendapatkan suatu kemungkinan pemecahan dan solusi yang masuk akal. Mengevalua si strategi yang digunakan untuk memperkuat argumentasi dan sekaligus untuk menyusun kemungkinan pemecahan dan alternatif jawaban.
4.         Mengembangkan dan mempresentasikan hasil karya.
Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti ringkasan, laporan, model-model pemecahan masalah, dan membantu dalam berbagai tugas dalam kelompok. Siswa menyusun ringkasan atau laporan baik secara individual atau kelompok dan menyajikannya dihadapan kelas dan berdiskusi dalam kelas
5.         Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Guru membantu siswa melakukan refleksi dan mengadakan evaluasi terhadap penyelidikan dan proses-proses belajar yang mereka gunakan.
Siswa mengikuti asessmen dan menyerahkan tugas-tugas sebagai bahan evaluasi proses belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar