Senin, 21 November 2016

Open-ended: Keunggulan dan Kelemahan Pendekatan Open Ended



1.      Keunggulan Pendekatan Open-Ended
Pendekatan Open-Ended ini menurut Suherman, dkk (2003:132) memiliki beberapa keunggulan antara lain:
a)      Siswa berpartisipasi lebih aktif dalam pembelajaran dan sering mengekspresikan idenya.
b)      Siswa memiliki kesempatan lebih banyak dalam memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan matematik secara komprehensif.
c)      Siswa dengan kemapuan matematika rendah dapat merespon permasalahan dengan cara mereka sendiri.
d)     Siswa secara intrinsik termotivasi untuk memberikan bukti atau penjelasan.
e)      Siswa memiliki pengelaman banyak untuk menemukan sesuatu dalam menjawab permasalahan.

2.       Kelemahan Pendekatan Open-Ended
Disamping keunggulan, menurut Suherman,dkk (2003;133) terdapat pula kelemahan dari pendekatan Open-Ended, diantaranya:
a)      Membuat dan menyiapkan masalah matematika yang bermakna bagi siswa bukanlah pekerjaan mudah.
b)      Mengemukakan masalah yang langsung dapat dipahami siswa sangat sulit sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan bagaimana merespon permasalahan yang diberikan.
c)       Siswa dengan kemampuan tinggi bisa merasa ragu atau mencemaskan jawaban mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar