Senin, 21 November 2016

Open-ended: Langkah-langkah Pendekatan Open Ended



Langkah penting lain yang harus dikembangkan guru dalam pembelajaran melalui pendekatan open-ended adalah menyusun rencana pembelajaran. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran sebelum problem tersebut disampaikan pada siswa, yakni :
a.     Apakah masalah tersebut kaya dengan konsep-konsep matematika dan bernilai?
Masalah harus mendorong siswa untuk berfikir dari berbagai sudut pandang. Selain itu, masalah juga harus kaya dengan konsep-konsep matematika yang sesuia dengan siswa berkemampuan rendanh sampai tinggi untuk menggunakan strategi sesuai dengan kemampuannya.
b.   Apakah level matematika dari masalah itu cocok dengan siswa
Pada saat menyelesaikan masalah, siswa harus menggunakan pengetahuan dan ketrampilan yang dimilikinya. Jika soal tersebut diprediksi diluar jangakaun siswa, maka guru harus mengubahnya.
c.    Apakah masalah itu mengundang pengembangan konsep matematika lebih lanjut
Masalah harus terkait dengan konsep-konsep matematika lebih tinggi sehingga memacu siswa berfikir tingkat tinggi Apabila telah diformulasi masalah yang sesuia dengan kriteria tersebut, maka kita dapat mengembangkan rencana pembelajaran yang baik. Untuk itulah, maka kita susun beberapa hal berikut :
1)      Tuliskan respon siswa yang diharapkan.
2)      Tujuan masalah yang diberikan hasrus jelas.
3)      Sajikan masalah semenarik mungkin.
4)      Lengkapi prinsip posing problem sehingga siswa memahaminya dengan mudah.
5)      Berikan waktu yang cukup kepada siswa untuk melakukan eksplorasi.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar