Selasa, 22 November 2016

RPP Matematika Model Make a Match




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah          : SMP......
        Mata Pelajaran         : MATEMATIKA
   Kelas/Semester         : VII/1 (Ganjil)

Standar Kompetensi : ALJABAR
2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar    :
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
Alokasi Waktu           :
1 x 25 menit
Indikator                    :
1.     Menemukan pengertian variabel, koefisien, konstanta, faktor, suku dan suku sejenis
2.     Menentukan variabel, koefisien, konstanta, faktor, suku dan suku sejenis.

A.      Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik diharapkan dapat menemukan pengertian variabel, koefisien, konstanta, faktor, suku dan suku sejenis
2.      Peserta didik diharapkan dapat menentukan variabel, koefisien, konstanta, faktor, suku dan suku sejenis.

v  Karakter siswa yang diharapkan        : Religius
Sopan Santun
Disiplin
  Mandiri
  Keingintahuan
  Tanggung Jawab
 
B.       Materi Ajar
1.      Bentuk aljabar
2.      Unsur-unsur aljabar yaitu:
            Variabel, Koefisien, Konstanta,Faktor, Suku dan Suku sejenis.

C.      Model/Metode Pembelajaran
Model   : Make A Match
Metode : Ceramah, Tanya Jawab

D.      Alat dan sumber Belajar
Ø  Lks
Ø  Buku paket Smp
Ø  Kertas soal dan jawaban

E.       Langkah-langkah kegiatan
Pendahuluan      :
Ø  Apersepsi      :
Guru mengucapkan salam, menanyakan kabar (sopan, santun)
Guru mengecek kehadiran siswa (Disiplin)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan diberikan (keingintahuan)
Ø  Motivasi        :
Guru memberi pengetahuan mengenai manfaat dari mempelajari materi tentang aljabar di kehidupan sehari-hari dan apabila unsur-unsur aljabar dipahami dengan baik maka akan dapat membantu peserta didik dalam memahami subbab-subbab selanjutnya pada materi aljabar (keingintahuan)

Kegiatan inti       :
Ø  Eksplorasi
Guru mengingatkan kembali tentang apa itu aljabar dan unsur-unsurnya. (mandiri)


Rounded Rectangle: Seorang peternak sapi mempunyai  4 ekor sapi betina dan 2 ekor sapi jantan. Sapi betina dianggap sebagai x dan sapi jantan sebagai y, jika sapi-sapi tersebut dijumlahkan  bagaimanakah bentuk aljabarnya?
 








Guru meminta peserta didik untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Guru dan pesesrta didik bersama-sama menjawab pertanyaan sehingga mendapat jawaban sebagai berikut:



Rounded Rectangle: Jika dimisalkan sapi betina adalah x dan sapi jantan adalah y maka bentuk aljabar dari penjumlahan sapi-sapi tersebut adalah  .
 






Guru menjelaskan materi unsur-unsur aljabar kepada peserta didik.

Ø  Elaborasi
ü  Setelah guru menjelaskan unsur-unsur aljabar. Guru meminta siswa untuk berdiskusi dengan teman kelompoknya untuk mengerjakan soal dengan cara menjodohkannya kemudian ditempelkan pada kertas yang telah disediakan  mengenai pengertian dan unsur-unsur pada aljabar (kerjasama, tanggung jawab)
ü  Dengan waktu yang telah ditentukan (5 menit berdiskusi), kelompok yang paling cepat menempelkan kertas jawaban pada papan tulis maka kelompok tersebut berhak menjelaskannya kepada peserta didik lainnya (kerjasama, tanggung jawab)
Ø  Konfirmasi
ü  Guru memberikan umpan balik yang positif dan penguatan melalui lisan maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Kegiatan Akhir  :
Ø    Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan elaborasi.
Ø  Guru bersama-sama peserta didik merangkum materi yang telah dibahas.
Ø Guru menugaskan kepada peserta didik untuk pertemuan selanjutnya membaca  materi tentang operasi pada bentuk aljabar.
Ø  Proses pembelajaran ditutup dengan doa yang di pimpin oleh ketua kelas (religius)

F.     Penilaian
1.      Teknik                   : Tes tertulis
2.      Bentuk instrumen : Tes uraian (Menjodohkan)


 


                                                                                         Serang,   Maret 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                Guru Mata Pelajaran


_______________                                                           ________________
NIP.                                                                                 NIP.                                                                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar