Selasa, 22 November 2016

Sejarah Pengembangan Pengajaran Matematika



Pembaharuan pengajaran matematika modern (New Math) di mulai pertama kali di amerika serikat. Pembaharuan pengajaran matematika itu disebabkan karena adanya kemajuan teknologi. Kronologisnya terjadi pada perang dunia kedua di Amerika serikat karena kekurangan orang-orang yang dapat menangani senjata dan alat perang mutakhir seperti roket, radar, dan lain-lain. Untuk mengatasi masalah di atas pembaharuan pengajaran termasuk matematika merupakan keharusan yang tidak dapat ditawar-tawar lagi.

            Bukan hanya kemajuan teknologi saja yang menyebabkan pembaharuan terjadi tetapi dengan munculnya penemuan-penemuan tentang teori belajar-mengajar  oleh J. Piaget, J.P. Guilford, R.M. Gagne, dan lain-lain.

Proyek-proyek pengembangan kurikulum matematika (modern) sekolah, seperti:
  1.  UICSM(The University of Illiniois Committee on School Mathematics), programnya membahas isi dan metode pelajran matematika untuk kelas 9-12 (sama dengan SMA).
  2. SMSG(School Mathematics Study Group). Programnya mengadakan penelitian dan pengembangan pelajaran matematika seprty mengenai materi pelajaran dan metodeloginya.
  3. SSMCIS(The secondary School Mathematics Curriculum improvement study), materinya mencakup prinsip pelajran matemtika modern dan mempunyai kesamaan dengan program baru ini yang dikembangkan di negara-negara Eropa Utara dan Rusia.
  4. The Cambridge Conference on School Mathematics, merekomendasi agar sampai dengan kelas berakhir SMA itu, sudah memperoleh matematika berikut: teori bilangan, aljabar abstrak, aljabar linear, geometri dimensi, geometri projektif, tensor, tropologi dan persamaan diferensial; di luar kalkulus.

Ciri – ciri pengajaran matematika modern, adalah
  1. Memuat materi baru
Di mana :
(1)  Topik-topik baru sedpat mungkin akan diperkenalkan ke semua tingkat.
(2)  Topik-topik ak.an diberikan kepada anak-anak sedini mungkin.
(3)  Sebagian topik lama diganti topik baru
  1. Menggunakan metode dan pendekatan baru

Pengajaran matematika baru itu dipertegas. Yang diperjelas seperti itu:
  1. Ada yang abstrak dan ada yang tidak
  2. Ada menerangkan bilangan dan operasi bilangan dengan himpunan dan ada yang tanpa
  3. Ada yang mengajarkan bilangan dasar non-desimal dan ada yang tidak
  4. Ada yang himpunan dan ada yang tidak

Mereka menekankan pentingnya pengajaran matematika itu menarik, dapat dipahami siswa dalam pengajaran matematika itu perlu adanya alat peraga, permainan, memperhatikan perkembangan mental siswa, dan lain-lain.
Pengajaran matematika bertujuan untuk meluruskan dan mempermudah berhitung dan cabang-cabang matematika lainnya
Apakah pembaharuan pengajaran matematika/berhitung  tradisional ke pengajaran matematika  modern itu hanya terjadi di Amerika serikat saja?
Tidak, perubahan terjadi di banyak negara.
Apakah pengajaran matematika(modern) di setiap negara itu sama?
Tidak, jangankan di setiap negara, di satu negara pun (di Amerika Serikat dan Inggris) berbeda-beda.
Terdapat kritikan – kritikan dari pengajaran matematika modern (New Macth), yaitu:
  1. Keterampilan berhitung menurun disebabkan kurang banyaknya latihan.
  2. Kterampilan bahasa secara pedagogik dan praktis tidak menguntungkan.
  3. Mengutamakan kepada logika dan struktur mengakibatkan pengurangan penguasaan konsep-konsep dasar kemampuan berhitung
  4. Terlalu formalnya penyajian mengakibatkan hilangnya minat anak.
  5. Materi baru seperti teori himpunan, aljabar bool, logika matematika, dan aljabar abstrak tidak berfaedah dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah
  6. Penyajian matematika modern yang mengutamakan kepada cara deduktif tidak sesuai dengan kenyataan sejarah bagaimana matematika itu ditemukan
  7. Ide-ide abstrak tertanam secara mantap.

Sewaktu memuncaknya kritikan terhadap New Math, timbullah sebuah gerakan yang disebut gerakan Back to the basics.
Awal mula terjadi gerakan Back to the Basics  pada permulaan abad 20, di Amerika Serikat pengajaran itu adalah untuk melatih otak. Pengetahuan yang dianggap bisa melatih otak dperkiraan, mata pelajaran yang sukar-sukar, pelajaran yang dianggap suakar ialah geometri danbahasalatin.

Teori yang mengatakan bahwa otak itu terdiri dari fukulti-fukulti yang harus dilatih seperti otot adalah keliru. Maka latihan mental ini (mental disiplin) diganti dengan teori pengaitan dari E. Thorndike. Menurut teori ini agar pengaitan itu kuat, harus adanya stimulus-respons yang cepat dan tepat melalui latihan yang berulang-ulang.

Menurut aliranDewey, siswa belajar matematika itu sebaiknya diberikan sesuai dengan kebutuhannya dan diajarkan tidak secara sistematik. Sedangkan Brownell berpendapat bahwa terampilnya siswa berhitung itu harus dilandasi dengan pengertian
Seperti sudah diuraikan revormasi pertama dalam pengajaran matematika di Amerika Serikat adalah New Math. Yang berkepentingan dalam revormasi ini adalah matematikawan.

Selama berjalannya revolusi ini, timbul kritikan-kritikan karena ketidaksetujuannya.kritikan yang konsisten dan terus menurus adalah Morris Kline. Kline, mengeritk New Math itu bukan karena harus kembaliinke berhitung/matematika lama.

Pengajaran matematika di Amerika Serikat itu bukan berhitung/matematika cara lama tetapi revisian dari New Math. Apa yang belum ada digunakan dari New Math itu dibuang dan apa-apa yang kurang berguna dari New Math itu dibuang dan apa-apa yang belum ada dimasukkan.

Ciri – ciri Pengajaran Matematika tahun 80-an:
  1. Pemecahan masalah menjadi sentralnya pengajaran matematika
  2. Keterampilan dasar dalam matematika itu harus mencakup lebih daripada hanya keterampilan dalam menghitung
  3. Untuk semua tingkat, pengajaran matematika harus memanfaatkan keampuhan kalkulator dan komputer dengan sebaik-baiknya
  4. Efektivitas dan efisiensi pengajaran matematika harus diterapkan
  5. Pengukuran keberhasilan siswa belajar dengan alat evaluasi yang lebih luas daripada yang tradisional.
  6. Semua siswa supaya diberi matematika lebih banyak dan kurikulum yang lebih fleksibel supaya disediakan agar bisa menampung keinginan siswa yang beraneka ragam
  7. Guru-guru matematika dan teman-temannya supaya meningkatkan diri dalam keprofesiannya
  8. Masyarakat luas diminta agar, sesuai dengan keperluannya, mereka mendukung matematika diberikan untuk masyarakat baik perorangan maupun kelompok

Pengajaran Matematika di Amerika Serikat masa kini itu kita bisa menggunakan sumber tertulis seperti Arithmetic Teacher, Mathematich Teacher, An Agenda for action, dan buku-buku pelajaran matematika yang dipergunakan disekolah-sekolahnya. Apa –apa yang kurang berguna dari New Math itu dibuang dan apa-apa yang belum ada dimasukkan.

Di Inggris (England dan wales) buku pelajaran itu dapat dikatakan tidak ada. Jadi pelajaran yang diberikan itu tidak mengeikuti buku tertentu yang sudah disediakan tetapi mengikuti persiapan yang telah dibuat gurunya, yang merupakan panduan dari beberapa buku.

Dengan demikian siperkirakan negara semacam itu dalam pengajaran matematikanya secara teoritis tidak akan ketinggalan oleh negara-negara lain karena minimum selalu meningkatkan kemampuan generasi mudanya (pembinaan anak-anak berbakat0 untuk berkopetensi dengan bangsa-bangsa lain diseluruh dunia.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar