Rabu, 14 Desember 2016

6 Nasehat Penuh Makna Imam Al Ghazali


Pertama , "Yang Paling Dekat ialah Mati "
           Imam al_Ghazali pernah bertanya kepada murid_ murid beliau tentang apa yang paling dekat dengan kita dalam kehidupan ini . Diantara murid_murid beliau ada yang menjawab orang tua , guru , teman , dan kerabat . Imam al_ Ghazali kemudian menjelaskan bahwa yang paling dekat adalah #mati , karena mati itu janji Allah yang pasti akan menimpa semua insan bernyawa .

Kedua , "Yang Paling Jauh adalah Masa Lalu "
          Kita mungkin berfikir yang paling jauh dari diri kita ialah bulan , matahari , dan bintang _ bintang , tapi lmam al Ghazali menjelaskan yang paling benar adalah masa lalu , karena bagaimanapun caranya kita tidak bisa kembali ke masa lalu , karena itu jangan membanggakan kebaikan di masa lalu . Teruslah meningkatkan kebaikan untuk hari ini dan esok hari .

Ketiga , "Yang Paling Besar adalah Nafsu "
           Masalah paling besar yang harus kita hadapi ialah Nafsu . Acapkali Nafsu menjerumuskan manusia ke jurang nista hingga kehidupannya di dunia hancur , dan azab menunggu setelah kematian .

Keempat , "Yang Paling Berat adalah Menanggung Amanah "
           Tumbuh-tumbuhan , binatang , gunung , dan malaikat semua tidak mau menerima ketika Allah SWT , meminta mereka untuk menjadi kalifah ( pemimpin ) didunia ini , tetapi manusia dengan sombongnya menyanggupi permintaan Allah SWT , sehingga menyebabkan manusia banyak masuk neraka karena tidak sanggup menanggung Amanah .

Kelima , "Yang Paling Ringan ialah Meninggalkan Shalat "
            Hanya karena kesibukan kecil , manusia rela meninggalkan shalat . Padahal shalat adalah tiang agama . Jika manusia hanya hidup untuk mencari makan dan kesenangan maka tidak ada bedanya manusia dengan binatang.

Keenam , "Yang Paling Tajam ialah Lidah "
           Dengan Lidah manusia menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya . Kita sering mendengar pepatah bijak mengenai bahaya lidah , yaitu : "Kalau pedang melukai tubuh ada harapan akan sembuh , tapi kalau lidah melukai hati kemana obat hendak di cari "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar