Sabtu, 10 Desember 2016

Memahami Filsafat

1.     Dari Sisi Kebahasaan
Kata filsafat berasal dari bahasa Yunani, yaitu Philosophia. Philo=cinta, Sophia=kebijakan/kebenaran. Jadi philosphia adalah orang yang mencintai kebenaran, sehingga berupaya memperoleh dan memilikinya.
Kata philosophia ditransformasikan ke berbagai bahasa. Dalam bahasa Arab disebut falsafah. Dalam bahasa Indonesia disebut falsafah/filsafat. Dalam bahasa Belanda dan jerman disebut Philosophie.
2.     Dari Sisi Filsafat Sebagai Ilmu
·       Plato filsuf besar Yunani mengatakan, filsafat adalah ilmu pengetahuan yang berusaha mencapai kebenaran yang asli, karena kebenaran mutlak di tangan Tuhan. Atau dengan singkat dikatakan pengetahua tentang segala yang ada.
·       Aristoteles murid Plato mengatakan, filsafat adalah ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran yang terkandung di dalamnya ilmu metafisika, logika, retorika, politik, sosial budaya dan estetika.
·       Alfarabi. Filsuf besar muslim dengan gelar Aristoteles ke 2, mengatakan filsafat adalah pengetahuan tentang yang ada menurut hakikatnya yang sebenarnya.
·       Immanuel Kant. Filsuf barat dengan gelar raksasa pemikir Eropa, mengatakan filsafat adalah ilmu pokok dan pangkal segala pengetahuan yang mencakup di dalamnya empat persoalan.
1.     Apa dapat kita ketahui, dijawab oleh metafisika.
2.     Apa yang boleh kita kerjakan, dijawab oleh etika dan estetika.
3.     Apa yang dinamakan manusia, dijawab oleh antropologi.
4.     Sampai dimana harapan kita dijawab oleh agama.
·       Hasbullah Bakry, filsafat adalah ilmu yang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai Ketuhanan, alam semesta, dan manusia sehingga dapat melahirkkan pengetahuan tentang bagaimana hakikatnya sejauh yang dicapai manusia.
3.     Filsafat dari Sisi Benda
·       Titus dkk mengajukan dua pengertian filsafat.
-        Filsafat adalah sekumpulan problem-problem yang langsung dan mendapat perhatian dan manusia yang dicarikan jawabannya oleh ahli filsafat.
-        Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepercayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara kritis.
4.     Filsafat sebagai suatu aktifitas
·       Filsafat adalah sebagai suatu proses berpikir untuk memperoleh jawaban-jawaban dari berbagai problem.
·       Titus dkk, membagi 3 pengertian filsafat sebagai aktifitas:
-        Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dari sikap yang sangat kita junjung tinggi.
-        Filsafat adalah sebagai analisi logis dari bahasa serta penjelasan tentang arti kata dan konsep.
-        Filsafat adalah suatu usaha untuk memperoleh gambaran keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar