Sabtu, 10 Desember 2016

Perbedaan Perkembangan dan Pertumbuhan

  Perkembangan dan pertumbuhan adalah sesuatu yang tidak terlepaskan dari dalam diri seseorang. Dalam hal ini perkembangan dan pertumbuhan sering digunakan orang secara “interchangeably”, maksudnya kedua istilah itu dipakai secara silih berganti dengan maksud yang sama. Sebenarnya, masing-masing istilah ini mempunyai pengertian yang berbeda, dan perbedaan ini masih jarang diperhatikan orang, begitu pula oleh sebagian besar para ahli atau penulis tentang psikologi pendidikan.
 
Pengertian perkembangan
Istilah perkembangan (development) dalam psikologi merupakan sebuah konsep yang cukup rumit dan kompleks. Didalamnya terkandung banyak dimensi. Oleh karena itu, untuk dapat memahami konsep perkembangan, perlu terlebih dahulu memahami beberapa konsep lain yang terkandung didalamnya.
Van den Daele mendefinisikan perkembangan berarti perubahan secara kualitatif. Ini berarti bahwa perkembangan bukan sekedar penambah beberapa sentimeter pada tinggi badan seseorang tau peningkatan seseorang, melainkan suatu proses integrasi dari banyak struktur dan fungsi yang kompleks (Van den Daele 1976: 128).

Pengertian pertumbuhan
Secara sederhana, Seifert dan Hoffnung (1994) mendefinisikan pertumbuhan sebagai “long-term changes in a person’s growth, feelings, pattens, of thinking, sosial relationship, and motor skills”.
Aspek-aspek yang mempengaruhi pertumbuhanyaitu: 1) Anak sebagai keseluruhan. 2) Umur mental anak mempengaruhi pertumbuhannya. 3)  Permasalahan tingkah laku sering berhubungan dengan pola-pola pertumbuhan. 4)  Penyesuaian pribadi dan sosial mencerminkan dinamika pertumbuhan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar