Sabtu, 10 Desember 2016

Paham Hedonisme

Hedonisme adalah suatu faham yang memandang bahwa kesenangan itu adalah segala-galanya dan sebisa mungkin menghindari kesedihan, kesengsaraan, serta hal-hal yang menyakitkan. Kata hedonisme sendiri berasal dari kata yunani yaitu hedonismos dari akar kata hedone artinya kesenangan. Faham ini berusaha menjelaskan bagaimana memuaskan manusia tentang kesenangan yang sesungguhnya yang menjadi arah dan tindakan manusia itu sendiri didalam menjalani kehidupannya sehari-hari.
 
Faham hedonis pada zaman modern ini sangat berkembang pesat dikalangan mahasiswa, pasalnya banyak diantara mahasiswa yang menyukai gaya hidup yang komplit tanpa kekurangan sedikit pun serta gaya hidup yang terlalu konsumtif. Padahal tanpa disadari gaya hidup seperti itu akan merusak pandangan berfikir mahasiswa menjadi semakin apatis tentang lingkungannya serta cenderung egois terhadap sekitarnya.
 
Sejatinya paradigma berfikir mahasiswa itu lebih cenderung progresif dan kritis dalam menganalisis dan mengkaji kehidupan sosialnya, baik itu kehidupan di dalam kampus maupun di luar kampusnya. Akan tetapi peran serta tanggung jawab mahasiswa yang sejatinya dijuluki Agen of Change (agen perubahan) dan Agen of Control (agen pengontrol) seakan sirna di telan zaman dikarenakan sifat hedonisme meracuni kehidupan mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar