1.
Keunggulan Pendekatan Open-Ended
Pendekatan Open-Ended ini menurut
Suherman, dkk (2003:132)
memiliki beberapa keunggulan antara lain:
a)
Siswa berpartisipasi lebih aktif dalam
pembelajaran dan sering mengekspresikan idenya.
b)
Siswa memiliki kesempatan lebih banyak
dalam memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan matematik secara
komprehensif.
c)
Siswa dengan kemapuan matematika rendah
dapat merespon permasalahan dengan cara mereka sendiri.
d)
Siswa secara intrinsik termotivasi untuk
memberikan bukti atau penjelasan.
e)
Siswa memiliki pengelaman banyak untuk
menemukan sesuatu dalam menjawab permasalahan.
2.
Kelemahan
Pendekatan Open-Ended
Disamping keunggulan, menurut
Suherman,dkk (2003;133) terdapat pula kelemahan dari pendekatan Open-Ended,
diantaranya:
a) Membuat
dan menyiapkan masalah matematika yang bermakna
bagi siswa bukanlah pekerjaan mudah.
b) Mengemukakan
masalah yang langsung dapat dipahami siswa
sangat sulit sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan bagaimana merespon
permasalahan yang diberikan.
c) Siswa dengan kemampuan tinggi
bisa merasa ragu atau mencemaskan jawaban mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar