Pembaharuan pengajaran matematika
modern (New Math) di mulai pertama kali di amerika serikat. Pembaharuan
pengajaran matematika itu disebabkan karena adanya kemajuan teknologi.
Kronologisnya terjadi pada perang dunia kedua di Amerika serikat karena
kekurangan orang-orang yang dapat menangani senjata dan alat perang mutakhir
seperti roket, radar, dan lain-lain. Untuk mengatasi masalah di atas
pembaharuan pengajaran termasuk matematika merupakan keharusan yang tidak dapat
ditawar-tawar lagi.
Bukan
hanya kemajuan teknologi saja yang menyebabkan pembaharuan terjadi tetapi
dengan munculnya penemuan-penemuan tentang teori belajar-mengajar oleh J. Piaget, J.P. Guilford, R.M. Gagne,
dan lain-lain.
Proyek-proyek pengembangan
kurikulum matematika (modern) sekolah, seperti:
- UICSM(The University of Illiniois Committee on School Mathematics), programnya membahas isi dan metode pelajran matematika untuk kelas 9-12 (sama dengan SMA).
- SMSG(School Mathematics Study Group). Programnya mengadakan penelitian dan pengembangan pelajaran matematika seprty mengenai materi pelajaran dan metodeloginya.
- SSMCIS(The secondary School Mathematics Curriculum improvement study), materinya mencakup prinsip pelajran matemtika modern dan mempunyai kesamaan dengan program baru ini yang dikembangkan di negara-negara Eropa Utara dan Rusia.
- The Cambridge Conference on School Mathematics, merekomendasi agar sampai dengan kelas berakhir SMA itu, sudah memperoleh matematika berikut: teori bilangan, aljabar abstrak, aljabar linear, geometri dimensi, geometri projektif, tensor, tropologi dan persamaan diferensial; di luar kalkulus.
Ciri – ciri pengajaran matematika modern, adalah
- Memuat materi baru
Di mana :
(1) Topik-topik
baru sedpat mungkin akan diperkenalkan ke semua tingkat.
(2) Topik-topik
ak.an diberikan kepada anak-anak sedini mungkin.
(3) Sebagian topik
lama diganti topik baru
- Menggunakan metode dan pendekatan baru
Pengajaran matematika baru itu dipertegas. Yang diperjelas
seperti itu:
- Ada yang abstrak dan ada yang tidak
- Ada menerangkan bilangan dan operasi bilangan dengan himpunan dan ada yang tanpa
- Ada yang mengajarkan bilangan dasar non-desimal dan ada yang tidak
- Ada yang himpunan dan ada yang tidak
Mereka menekankan pentingnya
pengajaran matematika itu menarik, dapat dipahami siswa dalam pengajaran matematika
itu perlu adanya alat peraga, permainan, memperhatikan perkembangan mental
siswa, dan lain-lain.
Pengajaran matematika bertujuan untuk
meluruskan dan mempermudah berhitung dan cabang-cabang matematika lainnya
Apakah pembaharuan pengajaran matematika/berhitung tradisional ke pengajaran matematika modern itu hanya terjadi di Amerika serikat
saja?
Tidak, perubahan terjadi di banyak negara.
Apakah pengajaran matematika(modern) di setiap negara itu
sama?
Tidak, jangankan di setiap negara, di satu negara pun (di
Amerika Serikat dan Inggris) berbeda-beda.
Terdapat kritikan – kritikan dari pengajaran matematika modern (New Macth), yaitu:
- Keterampilan berhitung menurun disebabkan kurang banyaknya latihan.
- Kterampilan bahasa secara pedagogik dan praktis tidak menguntungkan.
- Mengutamakan kepada logika dan struktur mengakibatkan pengurangan penguasaan konsep-konsep dasar kemampuan berhitung
- Terlalu formalnya penyajian mengakibatkan hilangnya minat anak.
- Materi baru seperti teori himpunan, aljabar bool, logika matematika, dan aljabar abstrak tidak berfaedah dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah
- Penyajian matematika modern yang mengutamakan kepada cara deduktif tidak sesuai dengan kenyataan sejarah bagaimana matematika itu ditemukan
- Ide-ide abstrak tertanam secara mantap.
Sewaktu memuncaknya kritikan terhadap
New Math, timbullah sebuah gerakan yang disebut gerakan Back to the basics.
Awal mula
terjadi gerakan Back to the Basics pada
permulaan abad 20, di Amerika Serikat pengajaran itu adalah untuk melatih otak.
Pengetahuan yang dianggap bisa melatih otak dperkiraan, mata pelajaran yang
sukar-sukar, pelajaran yang dianggap suakar ialah geometri danbahasalatin.
Teori yang
mengatakan bahwa otak itu terdiri dari fukulti-fukulti yang harus dilatih
seperti otot adalah keliru. Maka latihan mental ini (mental disiplin) diganti
dengan teori pengaitan dari E. Thorndike. Menurut teori ini agar pengaitan itu
kuat, harus adanya stimulus-respons yang cepat dan tepat melalui latihan yang
berulang-ulang.
Menurut
aliranDewey, siswa belajar matematika itu sebaiknya diberikan sesuai dengan kebutuhannya
dan diajarkan tidak secara sistematik. Sedangkan Brownell berpendapat bahwa
terampilnya siswa berhitung itu harus dilandasi dengan pengertian
Seperti sudah diuraikan revormasi pertama dalam pengajaran matematika di Amerika Serikat adalah New Math. Yang berkepentingan dalam revormasi ini adalah matematikawan.
Seperti sudah diuraikan revormasi pertama dalam pengajaran matematika di Amerika Serikat adalah New Math. Yang berkepentingan dalam revormasi ini adalah matematikawan.
Selama
berjalannya revolusi ini, timbul kritikan-kritikan karena
ketidaksetujuannya.kritikan yang konsisten dan terus menurus adalah Morris
Kline. Kline, mengeritk New Math itu bukan karena harus kembaliinke
berhitung/matematika lama.
Pengajaran
matematika di Amerika Serikat itu bukan berhitung/matematika cara lama tetapi
revisian dari New Math. Apa yang belum ada digunakan dari New Math itu dibuang
dan apa-apa yang kurang berguna dari New Math itu dibuang dan apa-apa yang
belum ada dimasukkan.
Ciri – ciri Pengajaran Matematika tahun 80-an:
- Pemecahan masalah menjadi sentralnya pengajaran matematika
- Keterampilan dasar dalam matematika itu harus mencakup lebih daripada hanya keterampilan dalam menghitung
- Untuk semua tingkat, pengajaran matematika harus memanfaatkan keampuhan kalkulator dan komputer dengan sebaik-baiknya
- Efektivitas dan efisiensi pengajaran matematika harus diterapkan
- Pengukuran keberhasilan siswa belajar dengan alat evaluasi yang lebih luas daripada yang tradisional.
- Semua siswa supaya diberi matematika lebih banyak dan kurikulum yang lebih fleksibel supaya disediakan agar bisa menampung keinginan siswa yang beraneka ragam
- Guru-guru matematika dan teman-temannya supaya meningkatkan diri dalam keprofesiannya
- Masyarakat luas diminta agar, sesuai dengan keperluannya, mereka mendukung matematika diberikan untuk masyarakat baik perorangan maupun kelompok
Pengajaran Matematika di Amerika
Serikat masa kini itu kita bisa menggunakan sumber tertulis seperti Arithmetic
Teacher, Mathematich Teacher, An Agenda for action, dan buku-buku pelajaran
matematika yang dipergunakan disekolah-sekolahnya. Apa –apa yang kurang berguna
dari New Math itu dibuang dan apa-apa yang belum ada dimasukkan.
Di Inggris (England dan wales) buku
pelajaran itu dapat dikatakan tidak ada. Jadi pelajaran yang diberikan itu
tidak mengeikuti buku tertentu yang sudah disediakan tetapi mengikuti persiapan
yang telah dibuat gurunya, yang merupakan panduan dari beberapa buku.
Dengan demikian siperkirakan negara
semacam itu dalam pengajaran matematikanya secara teoritis tidak akan
ketinggalan oleh negara-negara lain karena minimum selalu meningkatkan
kemampuan generasi mudanya (pembinaan anak-anak berbakat0 untuk berkopetensi
dengan bangsa-bangsa lain diseluruh dunia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar