RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP ...
Kelas : VII (tujuh)
Semester : 1 (gasal)
Mata
Pelajaran : Matematika
Jumlah
Pertemuan : 1 (satu) kali
- STANDAR KOMPETENSI
3. Menggunakan
bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan
perbandingan dalam pemecahan masalah
- KOMPETENSI DASAR
3.4 Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah
- INDIKATOR
1. Menjelaskan pengertian skala dalam perbandingan
2. Membedakan
perbandingan senilai dan berbalik nilai
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:
1. Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan
dengan contoh soal pada gambar/peta
2. Membedakan
perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan grafik dan contoh soal dalam
kehidupan sehari-hari
- MATERI PEMBELAJARAN
Perbandingan
1. Pengertian
skala
2. Perbandingan
senilai
3. Perbandingan
berbalik nilai
- ALOKASI WAKTU
1
× 25 menit
- METODE PEMBELAJARAN
Model
Pembelajaran : Team Games Tournament
(TGT)
Metode
Pembelajaran : Diskusi, Ekspositori &
Tanya Jawab
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
Langkah-langkah
pembelajaran:
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
· Berdoa dan salam sebelum
belajar.
· Apersepsi dengan mengingat bahwa aritmetika
sosial merupakan pembahasan sebelumnya. Peserta didik juga diberikan
stimulus berupa mengingat kembali tentang peta pada film
kartun (Dora The Explorer) yang
sudah pernah ditonton, juga masalah perbandingan di lingkungan peserta didik.
· Guru mengomunikasikan tujuan belajar dan hasil
belajar yang diharapkan akan
dicapai oleh tiap peserta didik.
· Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan
digunakan.
|
5’
|
2
|
Kegiatan
Inti
o Eksplorasi
o Elaborasi
1.
Tiara mengeringkan baju sebanyak 7 buah dengan waktu yang diperlukan 3
jam di bawah sinar matahari. Apabila Tiara ingin mengeringkan baju sebanyak 21 buah, berapa lama waktu
yang diperlukan?
Jawaban:
Secara
penalaran, makin banyak baju yang dijemur tidak mengakibatkan makin lama atau
makin cepat waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan baju.
Maka antara
banyaknya baju dan waktu penjemuran bukan merupakan perbandingan senilai
dan juga bukan perbandingan berbalik nilai.
Dengan
demikian, waktu penjemurannya tetap 3 jam untuk berapapun jumlah baju yang
dikeringkan/dijemur.
.
o Konfirmasi
·
Guru menghitung skor yang
diperoleh oleh tiap kelompok. Skor tersebut dikumpulkan untuk digunakan saat
turnamen mingguan.
·
Menyimpulkan dan menjelaskan tentang hal-hal yang sudah diketahui
dari pembelajaran.
|
15’
|
3
|
Kegiatan
Akhir
· Peserta didik diberikan pekerjaan
rumah (PR) berkaitan dengan materi perbandingan.
· Menginformasikan
materi untuk pertemuan berikutnya (himpunan).
· Berdoa dan salam setelah
belajar.
|
5’
|
- PENILAIAN PEMBELAJARAN
Jenis
Penilaian : tes tertulis (individu
& kelompok)
Bentuk
Instrumen : tes uraian
No.
|
Soal
|
Jawaban
|
Nilai
|
1.
|
Welcome!
Ok coba sekarang hitung tinggi candi pada gambar, jika diketahui
tinggi rumah adalah 3 m?
Petunjuk
(pada gambar): perbandingan tinggi candi dan rumah adalah 4 : 1
|
Karena
perbandingan
tinggi candi dengan rumah adalah 4:1, sehingga tinggi candi adalah
1
→ 3m dan 4 → x m
¼
= 3/x atau x = 12m
Perbandingan
senilai.
|
10
|
2.
|
Selamat, kalian sekarang ada di Kaliurang. Bantulah Pak Samsul (penjaga Kaliurang).
Jika Pak Samsul biasanya menyediakan 3 ton pisang
untuk makan kera selama
1 hari.
Berapa ton pisangkah yang harus disediakan untuk
memberi makan kera selama
seminggu?
|
Jadi,
banyaknya pisang yang nantinya harus
disediakan adalah
1 minggu = 7 hari.
1
→ 3ton dan 7 → x ton
1/7
= 3/x atau x = 21ton
Perbandingan
senilai.
|
10
|
3.
|
O.K. Sekarang kita telah sampai di Candi Borobudur. Bagaimana
perjalananmu tadi? Menyenangkan?
Berapa lama perjalananmu tadi? 60 menit.
Jika kecepatan rata-rata mobil tadi dipercepat 2,5
kali lipat. Berapakah waktu perjalananmu?
|
Lama perjalannya menjadi
Perbandingan
berbalik nilai.
|
10
|
4.
|
Perjalanan
terakhir kita yaitu Malioboro. Rombonganmu akan menaiki andong. Jika
hanya ada 2 andong, maka
rombonganmu diangkut sebanyak 10 kali. Jika rombonganmu ingin diangkut hanya
satu kali, berapa andongkah yang
harus disewa?
|
Banyaknya andong berarti
2
andong → 10 kali
X
andong → 1
2/1
= 10/x atau x = 5 kali.
Perbandingan
berbalik nilai.
|
10
|
5.
|
Sekarang kita telah selesai study tour dari Jogja. Apabila jarak Jogja-Serang di peta sebesar 5cm,
berapa jarak sebenarnya kedua kota tersebut?
Petunjuk
(pada gambar): skalanya 1:12.000.000
|
Jarak
Jogja-Serang di peta = 5cm. Skalanya = 1:12.000.000
Skala
= jarak pada peta : jarak sebenarnya
1:12.000.000
= 5cm : jarak sebenarnya
Jarak
sebenarnya = 5cm x 12.000.000 = 60.000.000cm = 600km
|
10
|
- ALAT & SUMBER BELAJAR
Alat:
-
Bendera 4 buah
Sumber:
-
Buku paket Matematika kelas VII semester 1
-
Ms. Powerpoint
Serang,
Maret 2013
Mengetahui,
Kepala SMP ... Guru Mata Pelajaran
______________ Dewi
Destiani Heryanto
NIP. NIM.
2225 10 1890
Tidak ada komentar:
Posting Komentar