Selasa, 22 November 2016

RPP Matematika Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMP ...
Kelas                           : VII (tujuh)
Semester                      : 1 (gasal)
Mata Pelajaran            : Matematika
Jumlah Pertemuan       : 1 (satu) kali

  1. STANDAR KOMPETENSI
3.      Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
  1. KOMPETENSI DASAR
3.4  Menggunakan perbandingan untuk pemecahan  masalah

  1. INDIKATOR
1.      Menjelaskan pengertian skala dalam perbandingan
2.      Membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai
  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:
1.      Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan dengan contoh soal pada gambar/peta
2.      Membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan grafik dan contoh soal dalam kehidupan sehari-hari
  1. MATERI PEMBELAJARAN
Perbandingan
1.      Pengertian skala
2.      Perbandingan senilai
3.      Perbandingan berbalik nilai
  1. ALOKASI WAKTU
1 × 25 menit
  1. METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran   : Team Games Tournament (TGT)  
Metode Pembelajaran : Diskusi, Ekspositori & Tanya Jawab
  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Langkah-langkah pembelajaran:
No
Kegiatan
Waktu
1


Kegiatan Awal
·      Berdoa dan salam sebelum belajar.
·      Apersepsi dengan mengingat bahwa aritmetika sosial merupakan pembahasan sebelumnya. Peserta didik juga diberikan stimulus berupa mengingat kembali tentang peta pada film kartun (Dora The Explorer) yang sudah pernah ditonton, juga masalah perbandingan di lingkungan peserta didik.
·      Guru mengomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai oleh tiap peserta didik.
·      Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan.
5’
2
Kegiatan Inti
o   Eksplorasi
  • Guru menyajikan kelas dengan mengondisikan peserta didik ke dalam beberapa kelompok diskusi.
  • Guru mendistribusikan alat bantu berupa bendera ke tiap kelompok dan menginformasikan penggunaannya.
o   Elaborasi
  • Games di mulai saat study tour, tiap kelompok masing-masing peserta didik mengerjakan soal-soal yang diberikan dan berdiskusi dengan anggota kelompoknya mengenai jawaban yang benar agar bisa menjawab paling cepat. Kelompok yang menjawab benar akan mendapat skor. Skor ini yang nantinya dikumpulkan untuk turnamen mingguan. (soal ada pada penilaian di bawah)
  • Peserta didik dan guru langsung membahas jawaban dari soal-soal yang diberikan oleh guru secara bersama-sama.
  • Guru memberi penjelasan mengenai skala, perbandingan senilai dan berbalik nilai beserta contohnya.
1.      Tiara mengeringkan baju sebanyak 7 buah dengan waktu yang diperlukan 3 jam di bawah sinar matahari. Apabila Tiara ingin mengeringkan  baju sebanyak 21 buah, berapa lama waktu yang diperlukan?
Jawaban:
Secara penalaran, makin banyak baju yang dijemur tidak mengakibatkan makin lama atau makin cepat waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan baju.
Maka antara banyaknya baju dan waktu penjemuran bukan merupakan perbandingan senilai dan juga bukan perbandingan berbalik nilai.
Dengan demikian, waktu penjemurannya tetap 3 jam untuk berapapun jumlah baju yang dikeringkan/dijemur.



.
o   Konfirmasi
·         Guru menghitung skor yang diperoleh oleh tiap kelompok. Skor tersebut dikumpulkan untuk digunakan saat turnamen mingguan.
·         Menyimpulkan dan menjelaskan tentang hal-hal yang sudah diketahui dari pembelajaran.
15’
3

Kegiatan Akhir
·      Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi perbandingan.
·      Menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya (himpunan).
·      Berdoa dan salam setelah belajar.
5’
  1. PENILAIAN PEMBELAJARAN
Jenis Penilaian             : tes tertulis (individu & kelompok)
Bentuk Instrumen       : tes uraian
No.
Soal
Jawaban
Nilai
1.
Welcome! Ok coba sekarang hitung tinggi candi pada gambar, jika diketahui tinggi rumah adalah 3 m?
Petunjuk (pada gambar): perbandingan tinggi candi dan rumah adalah 4 : 1
Karena perbandingan tinggi candi dengan rumah adalah 4:1, sehingga tinggi candi adalah
1 → 3m dan 4 → x m
¼ = 3/x atau x = 12m
Perbandingan senilai.
10
2.
Selamat, kalian sekarang ada di Kaliurang. Bantulah Pak Samsul (penjaga Kaliurang).
Jika Pak Samsul biasanya menyediakan 3 ton pisang untuk makan kera selama 1  hari.
Berapa ton pisangkah yang harus disediakan untuk memberi makan kera selama seminggu?
Jadi, banyaknya pisang yang nantinya harus disediakan adalah 1 minggu = 7 hari.
1 → 3ton dan 7 → x ton
1/7 = 3/x atau x = 21ton
Perbandingan senilai.
10
3.
O.K. Sekarang kita telah sampai di Candi Borobudur. Bagaimana perjalananmu tadi? Menyenangkan?
Berapa lama perjalananmu tadi? 60 menit.
Jika kecepatan rata-rata mobil tadi dipercepat 2,5 kali lipat. Berapakah waktu perjalananmu?
Lama perjalannya menjadi
Perbandingan berbalik nilai.
10
4.
Perjalanan terakhir kita yaitu Malioboro. Rombonganmu  akan menaiki andong. Jika hanya ada 2 andong, maka rombonganmu diangkut sebanyak 10 kali. Jika rombonganmu ingin diangkut hanya satu kali, berapa andongkah yang harus disewa?
Banyaknya andong berarti
2 andong → 10 kali
X andong → 1
2/1 = 10/x atau x = 5 kali.
Perbandingan berbalik nilai.
10
5.
Sekarang kita telah selesai study tour dari Jogja. Apabila jarak Jogja-Serang di peta sebesar 5cm, berapa jarak sebenarnya kedua kota tersebut?
Petunjuk (pada gambar): skalanya 1:12.000.000
Jarak Jogja-Serang di peta = 5cm. Skalanya = 1:12.000.000
Skala = jarak pada peta  : jarak sebenarnya
1:12.000.000 = 5cm : jarak sebenarnya
Jarak sebenarnya = 5cm x 12.000.000 = 60.000.000cm = 600km
10

  1. ALAT & SUMBER BELAJAR
Alat:
- Bendera 4 buah
Sumber:
- Buku paket Matematika kelas VII semester 1
- Ms. Powerpoint


Serang, Maret 2013


            Mengetahui,
            Kepala SMP ...                                                                        Guru Mata Pelajaran



            ______________                                                                    Dewi Destiani Heryanto
             NIP.                                                                                       NIM. 2225 10 1890

Tidak ada komentar:

Posting Komentar