RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMP......
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : VII/1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : ALJABAR
2. Memahami bentuk aljabar, persamaan
dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi
Dasar :
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan
unsur-unsurnya.
Alokasi
Waktu :
1 x 25 menit
Indikator :
1. Menemukan pengertian variabel, koefisien, konstanta,
faktor, suku dan suku sejenis
2. Menentukan variabel, koefisien, konstanta,
faktor, suku dan suku sejenis.
A.
Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta
didik diharapkan dapat menemukan pengertian variabel, koefisien, konstanta,
faktor, suku dan suku sejenis
2. Peserta
didik diharapkan dapat menentukan variabel, koefisien, konstanta, faktor, suku
dan suku sejenis.
v Karakter siswa yang
diharapkan :
Religius
Sopan
Santun
Disiplin
Mandiri
Keingintahuan
Tanggung Jawab
B.
Materi
Ajar
1. Bentuk
aljabar
2. Unsur-unsur
aljabar yaitu:
Variabel,
Koefisien, Konstanta,Faktor, Suku dan Suku sejenis.
C.
Model/Metode
Pembelajaran
Model : Make A Match
Metode : Ceramah,
Tanya Jawab
D.
Alat
dan sumber Belajar
Ø Lks
Ø Buku
paket Smp
Ø Kertas
soal dan jawaban
E.
Langkah-langkah
kegiatan
Pendahuluan :
Ø Apersepsi :
Guru mengucapkan salam, menanyakan
kabar (sopan, santun)
Guru mengecek kehadiran siswa
(Disiplin)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang akan diberikan (keingintahuan)
Ø Motivasi :
Guru memberi pengetahuan mengenai
manfaat dari mempelajari materi tentang aljabar di kehidupan sehari-hari dan
apabila unsur-unsur aljabar dipahami dengan baik maka
akan dapat membantu peserta didik dalam memahami subbab-subbab selanjutnya pada materi aljabar
(keingintahuan)
Kegiatan inti :
Ø Eksplorasi
Guru mengingatkan kembali tentang
apa itu aljabar dan unsur-unsurnya. (mandiri)
Guru meminta peserta didik untuk
menjawab pertanyaan tersebut.
Guru dan pesesrta didik
bersama-sama menjawab pertanyaan sehingga mendapat jawaban sebagai berikut:
Guru menjelaskan materi unsur-unsur
aljabar kepada peserta didik.
Ø Elaborasi
ü Setelah
guru menjelaskan unsur-unsur aljabar. Guru meminta siswa untuk berdiskusi
dengan teman kelompoknya untuk mengerjakan soal dengan cara menjodohkannya
kemudian ditempelkan pada kertas yang telah disediakan mengenai pengertian dan unsur-unsur pada
aljabar (kerjasama, tanggung jawab)
ü Dengan
waktu yang telah ditentukan (5 menit berdiskusi), kelompok yang paling cepat
menempelkan kertas jawaban pada papan tulis maka kelompok tersebut berhak
menjelaskannya kepada peserta didik lainnya (kerjasama, tanggung jawab)
Ø Konfirmasi
ü Guru
memberikan umpan balik yang positif dan penguatan melalui lisan maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik.
Kegiatan Akhir :
Ø
Guru melakukan
penilaian terhadap kegiatan elaborasi.
Ø Guru
bersama-sama peserta didik merangkum materi yang telah dibahas.
Ø Guru
menugaskan kepada peserta didik untuk pertemuan selanjutnya membaca materi tentang operasi pada bentuk aljabar.
Ø Proses
pembelajaran ditutup dengan doa yang di pimpin oleh ketua kelas (religius)
F.
Penilaian
1. Teknik
: Tes tertulis
2. Bentuk
instrumen : Tes uraian (Menjodohkan)
Serang, Maret 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
_______________ ________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar