Langkah penting lain yang harus dikembangkan
guru dalam pembelajaran melalui pendekatan open-ended adalah menyusun rencana
pembelajaran. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran
sebelum problem tersebut disampaikan pada siswa, yakni :
a.
Apakah masalah tersebut kaya dengan konsep-konsep matematika dan bernilai?
Masalah harus mendorong siswa untuk berfikir dari
berbagai sudut pandang. Selain itu, masalah juga harus kaya dengan
konsep-konsep matematika yang sesuia dengan siswa berkemampuan rendanh sampai
tinggi untuk menggunakan strategi sesuai dengan kemampuannya.
b.
Apakah level matematika
dari masalah itu cocok dengan siswa
Pada saat menyelesaikan masalah, siswa harus menggunakan
pengetahuan dan ketrampilan yang dimilikinya. Jika soal tersebut diprediksi
diluar jangakaun siswa, maka guru harus mengubahnya.
c.
Apakah masalah itu
mengundang pengembangan konsep matematika lebih lanjut
Masalah harus terkait dengan konsep-konsep matematika
lebih tinggi sehingga memacu siswa berfikir tingkat tinggi Apabila telah
diformulasi masalah yang sesuia dengan kriteria tersebut, maka kita dapat
mengembangkan rencana pembelajaran yang baik. Untuk itulah, maka kita susun beberapa
hal berikut :
1) Tuliskan respon siswa yang diharapkan.
2) Tujuan masalah yang diberikan hasrus
jelas.
3) Sajikan masalah semenarik
mungkin.
4) Lengkapi prinsip posing problem
sehingga siswa memahaminya dengan mudah.
5) Berikan waktu yang cukup kepada siswa
untuk melakukan eksplorasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar